loader image

Ketahuilah, Ini Kode Etik Programmer Sebelum Membangun Bisnis di Bidang IT

kari-shea-1SAnrIxw5OY-unsplash

Etika merupakan sekumpulan norma atau aturan yang berkenaan dengan akhlak tata cara sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik maupun buruk.

Pendapat lain menyebutkan pengertian etika adalah ilmu yang mengajarkan tentang kesusilaan dan perilaku manusia dalam lingkup pergaulannya dengan sesama yang menyangkut aturan, tata cara, tingkah laku yang benar. Setiap individu memiliki tanggung jawab dan kewajiban menjalankan etika dalam berperilaku di dalam masyarakat.

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat orang memilih bisnis di bidang teknologi informasi karena di era yang saat ini semuanya serba digital.

Banyak hal  menggiurkan untuk dapat sukses di dalam bidang teknologi informasi namun juga tidak cukup hanya mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, setiap individu yang akan membangun bisnis di bidang ini juga harus paham mendalam ilmu tentang etika bisnis.

Penemuan ahli yang mengatakan bahwa teknologi mengambil alih fungsi mental manusia pada saat yang sama terjadi kerugian yang di akibatkan hilangnya fungsi dari kerja mental manusia, perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat dari pengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang dalam menjalankan etika dalam norma kehidupan.

Dalam beberapa aspek teknologi informasi ada kaitannya dengan etika profesi, terutama dalam memahami dan menghormati budaya kerja, memahami profesi dan jabatan, memahami aturan-aturan di perusahaan, organisasi dan hukum.

Etika profesi yang harus di pahami dalam bidang teknologi informasi adalah kode etik yang juga sering dikenal netiket, di mana aturan yang mengharuskan pengguna untuk memilih aplikasi perangkat lunak (software) yang sah/legal, karena software yang mereka gunakan selalu memiliki aturan penggunaan atau dikenal juga dengan license agreement.

Dalam dunia bisnis etika sangat diperlukan untuk melakukan, mengelola sebuah bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, individu juga masyarakat sekitar.

Etika bisnis memiliki tujuan untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pelaku bisnis dalam membangun hubungan yang adil dan tidak melakukan penipuan yang dapat merugikan pihak yang terkait seperti mitra bisnis, pemegang saham, masyarakat.

Dengan etika bisnis yang baik, para pelaku bisnis dapat mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari semua pihak terkait.

Masalah etika bisnis akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya dunia digital yang makin merebak baik di dalam maupun di luar negeri telah menimbulkan tantangan baru, yaitu adanya inovasi dan perubahan yang selalu terjadi serta lapangan kerja yang semakin sedikit.

Hal ini menimbulkan adanya tuntutan praktis bisni yang baik, etis juga menjadi tuntutan kehidupan bisnis dalam pasar global. Kita bisa bertahan jika mampu bersaing. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, maka diperlukan etika dalam menjalakan bisnis karena praktik yang etis dapat mengurangi produktivitas dan mengekang efisiensi dalam dunia bisnis.

Setiap individu berhak menjalankan apa yang mereka mau kerjakan, seperti halnya membangun usaha bisnis. Namun ketahuilah terlebih dahulu tentang dasar etika bisnis sebelum Anda memulainya. Berikut beberapa kode etik yang dapat dijadikan pedoman khususnya bagi seorang programmer :

  • Kontribusi terhadap masyarakat
  • Setiap programmer harus berusaha untuk memastikan bahwa produk atau software yang mereka buat akan digunakan dengan tanggung jawab.
  • Jujur dan amanah
  • Jika programmer mengetahui ada yang tidak beres dengan sistem software, maka ia harus segera melaporkannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Beri penghargaan yang tepat untuk properti intelektual
  • Setiap programmer untuk tidak pernah menggunakan dan menerima penghargaan atas pekerjaan orang lain. Bahkan bila belum dilindungi undang-undang hak cipta. Mereka harus mengakui dan sepenuhnya menghargai karya orang lain.
  • Hormati privasi orang lain
  • Setiap programmer harus menulis program yang dapat melindungi informasi pribadi pengguna. Sebisa mungkin programmer menghindari orang lain yang tidak diinginkan memiliki akses sah ke sana.
  • Setiap programmer tidak boleh menulis kode yang sulit untuk dipahami.
  • Tidak boleh menyebarkan virus, malware.
  • Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan yang didapat dari database.

Pembentukan etika bisnis dibidang teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan kualitas seorang terhadap profesi yang digelutinya. Karena seorang profesional yaitu menjalankan profesinya secara benar dan melakukannya menurut nilai-nilai etika yang berlaku pada profesi tersebut.

Adapun faktor yang menyebabkan seorang programmer melanggar kode etik :

  • Tidak terbentuknya kultur dan kesadaran terhadap diri yang menyebabkan programmer tidak menjaga martabat luhur profesinya.
  • Tidak adanya pengawasan dari lingkungan masyarakat sekitar.
  • Organisasi yang tidak dilengkapi sarana bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhannya.
  • Rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat mengenai kode etik profesi.

Membangun bisnis di bidang teknologi informasi sangatlah menggiurkan keuntungannya tetapi haruslah selalu di dasari dengan nilai-nilai etika yang baik agar tak ada pelanggaran yang timbul mengakibatkan seorang melanggar norma sehingga mendapatkan sanksi sampai proses hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

Sumber : kompasiana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *