Anomali Lintas Cakrawala Group

Mari Mengenal Infrastruktur Teknologi

Infrastruktur Teknologi - PT Anomali Lintas Cakrawala

Information Technology (IT) atau teknologi informasi adalah ilmu yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, sehingga ilmu yang ada selalu diperbarui dengan informasi yang baru. Teknologi yang Anda nikmati saat ini merupakan sebuah teknologi yang didukung oleh infrastruktur teknologi informasi yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan juga layanan teknologi informasi.

Infrastruktur teknologi sendiri adalah sebuah pondasi atau kerangka kerja yang bisa mendukung suatu sistem atau organisasi. Infrastruktur teknologi informasi terdiri dari sumber daya fisik dan juga virtual yang mendukung arus, penyimpanan, juga pengolahan dan analisis data. Infrastruktur teknologi saat ini sudah dapat dipusatkan ke sebuah data center yang nantinya dapat dikendalikan oleh satu orang atau lebih. Contohnya seperti fasilitas collection atau penyedia cloud yang saat ini sudah banyak hadir di tengah masyarakat.

Infrastruktur teknologi informasi mempunyai beberapa komponen penting yang harus saling terkait satu dengan lainnya. Komponen-komponen ini diperlukan untuk keberadaan, pengoperasian, dan juga pengelolan lingkungan teknologi informasi perusahaan. Infrastruktur Teknologi informasi biasanya terdiri dari satu set perangkat fisik dan aplikasi perangkat lunak (software) yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh komponen perusahaan.

Salah satu komponen yang harus ada pada infrastruktur teknologi informasi adalah infrastruktur data center. Infrastruktur data center biasanya mencangkup pada elemen daya, pendingin, dan juga bangunan yang diperlukan guna mendukung perangkat keras dari data center. Infrastruktur perangkat keras pada data center, biasanya melibatkan:

  1. Server
  2. Perangkat jaringan, yaitu switch, router, dan juga kabel fisik
  3. Subsistem penyimpanan
  4. Peralatan khusus seperti firewall

Infrastruktur data center juga memerlukan pertimbangan dari infrastuktur keamanan dari teknologi informasi. Hal itu bisa mencangkup keamanan fisik untuk bangunan seperti kunci elektronik, cctv yang disertai dengan pengawasan manusia terhadap tempat yang dilakukan lewat cctv, akses yang dikendalikan ke server, dan juga ruang penyimpanan. Hal ini guna memastikan hanya seseorang yang berwenang yang bisa mengakses infrastruktur perangkat keras data center, dan bisa mengurangi potensi kerusakan yang berbahaya, hingga pencegahan pencurian data.

Selain itu, di luar data center, terdapat komponen dari infrastrutur internet yang mencangkup media transmisi seperti:

  1. kabel serat optik
  2. satelit
  3. antena antariksa
  4. router
  5. repeater
  6. router

Infrastruktur internet dirancang, dibangun dan juga dioperasikan oleh penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). ISP biasanya akan terhubung pada infrastruktur data center dan dalam ruangan yang aman.

Jenis Infrastruktur Teknologi Informasi

Infrastruktur teknologi informasi yang terbangun mempunyai beberapa jenis yang berbeda satu dengan lainnya. Adapun jenis dari infrastruktur teknologi informasi yaitu:

1. Infrastruktur Teknologi Informasi yang dinamis

Arti dari dinamis dalam cakupan ini adalah kerangka kerja yang telah disusun dapat secara otomatis menyediakan dan menyesuaikan diri sesuai dengan tuntutan dan beban kerja yang berubah. Hal ini bisa meminimalisirkan waktu dan usaha yang diperlukan untuk mengelola infrastruktur dan dapat mengurangi jumlah kesalahan yang dibuat. Oleh karena itu, hal ini bisa mengefisienkan sumber daya yang digunakan. Karena, Administrator IT sendiri juga dapat memilih untuk mengelola sumber daya ini secara manual

2. Infrastruktur teknologi informasi sebagai sisi kritis

Ini mencangkup pada kerangka kerja yang menempatkan aset sebagai sesuatu yang sangat penting supaya operasi lanjutan yang biasanya digunakan untuk menjami keamanan suatu negara, ekonomi, kesehatan, dan keselamatan masyarakat terjamin. Konsep seputar ketersediaan yang tinggi (High Availibility) dan juga ketahanan sangatlah penting pada jenis ini, hal ini juga mencangkup pusat data jarak jauh dan sumber daya awan (cloud service) untuk mendukung pengurangan beban kerja. Jenis infrastruktur informasi teknologi ini bisa Anda temui pada Data Center dengan peringkat Tier III.

3. Infrastructure Contact Center

Adalah sebuah kerangka kerja yang biasanya terdiri dari sumber daya fisik dan virtual sehingga nantinya fasilitas call center harus beroperasi secara efektif. Komponen ini meliputi panggilan otomatis, unit respon suara terpadu, integrasi antara komputer dan telepon, dan juga manajemen antrian.

4. Infrastuktur bayangan

Merupakan bagian dari kerangka kerja yang terdiri dari perangkat lunak yang tidak terdokumentasi namun aktif. Perangkat lunak atau layanan ini keberadaan dan juga fungsinya tidak bisa diketahui oleh administrator sistem. Hal ini biasa disebut dengan “shadow IT”. Hal ini bisa membuat ancaman serius pada keamanan organisasi.

Fenomena Shadow IT mudah untuk ditemui pada era digital seperti sekarang ini. Faktor BYOD atau “Bring Your Own Device” atau membawa sendiri perangkatmu sendiri, dapat memberikan kerentanan pada infrastruktur teknologi infomasi yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk Anda menerapkan konsep keamanan “Zero Trust Network”.

Pada prosesnya, transformasi digital sangat memerlukan transformasi infrastuktur teknologi informasi yang bisa dilakukan pada tahap awal. Infrastruktur teknolgi informasi haruslah sesuai dengan tujuan bisnis, contohnya seperti transformasi digital.

Transformasi teknologi informasi diantaranya mencangkup penggunaan layanan hybrid cloud, pencadangan, dan serangkaian sub-set lainnya. Tanpa adanya transformasi informasi teknologi, sumber daya teknologi informasi dapat menjadi hambatan yang serius pada proses transformasi digital. Hal ini dikenal dengan sebutan technology hiccups.

Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan transformasi digital dengan cara memperkuat infrastuktur teknologi informasi Anda bersama dengan Anomali Lintas Cakrawala.

Anomali Lintas Cakrawala (ALC) adalah perusahaan yang bergerak di bidang Information Technology (IT) sejak tahun 2014. Pada perkembangan bisnisnya, ALC selalu berkomitmen untuk memberikan kepuasan pada mitra dengan selalu up to date pada perkembangan bidang Information Technology.

Kepercayaan yang diberikan oleh mitra-mitranya, merupakan nilai terpenting yang dijaga dengan sangat baik oleh Anomali Lintas Cakrawala. Didukung oleh sumber daya manusia yang professional pada bidangnya masing-masing, ALC group sangat siap untuk berkompetisi di kawasan regional dan akan selalu mengembangkan nilai-nilai baik yang nantinya bisa menjadi kebanggan Bangsa dan Negara Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Undefined array key "src" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "dependencies" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "version" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87