Anomali Lintas Cakrawala Group

Bahasa Pemograman dan Jenisnya

Bahasa Pemograman dan Jenisnya - PT Anomali Lintas CakrawalaDi dunia ini ada banyak Bahasa yang bisa digunakan sebagai alat berkomunikasi. Salah satu Bahasa yang paling dekat adalah Bahasa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya Anda menguasai Bahasa Indonesia sebagai Bahasa sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan Anda. Semakin berkembangnya zaman, Bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi antar manusia, melainkan bisa menjadi alat komunikasi untuk membuat sebuah software atau perangkat lunak. Bahasa yang digunakan untuk membuat software disebut dengan Bahasa perograman.

Bahasa pemrograman adalah kata-kata berbentuk instruksi yang biasa terdiri dari baris-baris sesuai dengan Bahasa yang dimengerti oleh komputer. Para software developer, wajib mengetahui bahkan menguasai bahasa pemrograman ini. Karena ketika melakukan software development, programmer akan menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai alat komunikasi dengan komputer untuk memberikan perintah-perintah di dalam software.

Bahasa pemrograman sendiri bukan merupakan satu bahasa saja, loh. Jumlah bahasa pemrograman ini sangatlah banyak. Namun, tidak semuanya digunakan oleh programmer. Hanya beberapa saja yang biasanya digunakan oleh programmer yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga : Mengenal Software Development lebih dekat, yuk.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan.

  1. Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman paling popular di kalangan programmer. Hal ini dibuktikan oleh survey yang dilakukan oleh sebuah website khusus para programmer yang dilakukan pada tahun 2019, bahwa JavaScript adalah bahasa yang paling banyak digunakan oleh programmer selama tujuh tahun berturut-turut.

Hal ini tentunya tidak mengherankan sih. Kemudahan yang diberikan oleh JavaScript yang meliputi HTML dan CSS, dan bisa merespons dari banyak server, sehingga bisa kompatibel dengan semua browser yang ada di pasaran. Tentunya ini memudahkan user untuk menjalankan softwarenya.

  1. Java

Bahasa pemrograman yang satu ini, adalah salah satu bahasa yang kehadirannya sudah cukup lama. Java dikembangkan pada tahun 1990, dan memakan waktu selama 5 tahun pengerjaannya, sebelum akhirnya launching pada tahun 1995.

Karena Java merupakan bahasa yang sudah lawas, banyak programmer yang minat dengan bahasa ini hingga sampai saat ini. Bukan tanpa alasan, karena umurnya inilah, Java merupakan salah satu bahasa yang sudah melewati proses testing dan updating, sehingga bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan.

  1. C#

C# atau yang dibaca dengan C-Sharp adalah bahasa pemrograman ketiga yang biasa digunakan oleh programmer untuk berbagai macam keperluan. Diantaranya ada untuk mengembangkan website, aplikasi di Windows, hingga games.

Selain itu, C# juga menjadi popular karena bahasa ini adalah salah satu bahasa yang bisa dipakai para programmer dari berbagai tingkat. Mulai dari yang pemula sampai dengan para programmer berpengalaman.

  1. PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman yang juga bisa digunakan untuk semua hal, sama dengan bahasa C#. Akan tetapi, PHP sendiri lebih banyak digunakan untuk mengembangkan website. Menurut sebuah forum programmer, penggunaan PHP pada website mencapai 79% dari keseluruhan.

Tampilan sebuah website yang dinamis dan interaktif, bisa kamu dapatkan dari menggunakan PHP, loh. Maka, tidak heran jika PHP menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan.

  1. C

Jika C# adalah salah satu bahasa pemrograman yang umurnya sudah cukup tua, C adalah bahasa yang keberadaannya sebagai bahasa pemrograman sudah sangat tua. Bahasa C dikembangkan pertama kali pada tahun 1972 untuk mendukung operasi UNIX, sebuah sistem operasi pada masa itu. Dari pengembangan bahasa C inilah akhirnya muncul JavaScript, Java, C#, PHP, dsb.

Untuk kamu yang sedang belajar bahasa pemrograman, sangat disarankan untuk kamu mulai dengan bahasa C ini. Karena, bahasa C mempunyai kemiripan dengan bahasa pemrograman lainnya mulai dari types, operator, instruksi dan hal lainnya. Hal ini tentunya akan membuat kamu mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya nanti.

Itulah beberapa jenis bahasa pemrograman yang banyak dipakai oleh para programmer yang ada di dunia. Perlu diketahui, bahasa pemrograman merupakan bahasa yang terus melakukan update, sesuai dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari bahasa pemrograman, sehingga Anda tidak tertinggal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *