Anomali Lintas Cakrawala Group

Selangkah Lebih Mengenal Software dalam Sistem Operasi Komputer

Software - PT Anomali Lintas CakrawalaSoftware atau perangkat lunak merupakan data digital yang tidak berbentuk fisik namun dengan perangkat komputer pengguna dapat mengoperasikannya. Untuk membuat software seorang pemrogram harus menulis bahasa pemrograman. Kemudian aplikasi kompiler mengkompilasikannya menjadi kode agar mesin hardware mengenalinya.

Fungsi Utama Software

Pada sebuah sistem operasi software memiliki fungsi utama sebagai berikut.

  1. Menyediakan berbagai fungsi dasar untuk kebutuhan komputer sehingga memungkinkan untuk mengoperasikannya.
  2. Mengatur semua perangkat keras atau hardware pada komputer agar bisa bekerja secara simultan.
  3. Menghubungkan beberapa perangkat lunak komputer dengan perangkat keras pada komputer.
  4. Menerjemahkan suatu perintah software lain ke dalam bahasa mesin agar hardware memahami dan menerima perintah tersebut.
  5. Mengidentifikasi suatu program dalam komputer.

Komponen Software pada Komputer

Berikut ini merupakan komponen software dalam sistem operasi komputer.

  1. Sistem operasi atau Operating System

Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Komputer akan membaca perangkat lunak ini saat booting. Misalnya sistem operasi Windows.

  1. Program tambahan atau program bantu atau Utility

Software ini memiliki fungsi tertentu seperti memeriksa perangkat keras disket yang rusak, dan defrag. Salah satu contoh utility adalah Norton Utility.

  1. Bahasa pemrograman atau Programming Language

Software ini memiliki fungsi untuk memberikan instruksi atau perintah standar. Misalnya saja Java dan Microsoft Visual Basic.

  1. Program aplikasi

Software ini memiliki fungsi untuk mengolah dan menyajikan atau mempresentasikan data. Misalnya saja Microsoft Office Word dan OpenOffice.org.

Baca Juga : Software Terbaik Yang Wajib Dimiliki

Jenis Software Berdasarkan Distribusi

Selain jenis-jenis perangkat lunak di atas berikut ini ada beberapa jenis perangkat lunak lain berdasarkan distribusinya.

  1. Adware

Pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak ini tanpa biaya. Namun akan ada kompensasi pada perangkat lunak ini dengan iklan yang muncul pada perangkat komputer.

  1. Firmware

Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk membacanya saja. Pengguna tidak dapat melakukan perubahan atau pengembangan meskipun terdapat masalah. Hal ini karena adanya sifat paten di dalamnya.

  1. Freeware

Perangkat lunak ini tidak memiliki batasan waktu tertentu. Akan tetapi biasanya hanya memiliki fitur yang terbatas sehingga penggunaannya tidak maksimal.

  1. Malware

Perangkat lunak komputer yang satu ini akan berbahaya dan bisa merusak jika ada penyalahgunaan. Salah satu jenis malware adalah virus komputer yang tidak hanya merusak komputer tetapi juga jaringan komputer.

  1. OpenSource

Merupakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membuka kode sumbernya. Pengguna juga bisa melakukan perubahan, peningkatan, bahkan melakukan share. Tidak ada biaya untuk perangkat lunak yang biasanya dikembangkan menggunakan lisensi GPL atau General Public License.

  1. Shareware

Perangkat lunak ini biasanya berguna untuk keperluan tertentu tanpa adanya biaya. Secara umum software ini berguna sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu yang terbatas bagi penggunanya.

  1. Spyware

Perangkat lunak ini berguna untuk memata-matai atau mengawasi berbagai aktivitas dari pengguna komputer. Namun banyak pihak yang menyalahgunakan software ini untuk mencuri data komputer lain atau merusak sistem pengguna.

Cara Merawat Software

Untuk menjaga kinerja komputer tetap stabil maka perlu adanya perawatan terhadap perangkat lunak juga.

  1. Menyalakan dan mematikan komputer sesuai prosedur yang benar. Dengan mematikan komputer secara benar maka saat menghidupkannya lagi tidak akan ada masalah.
  2. Scan file secara berkala dengan bantuan antivirus agar dapat mendeteksi keberadaan virus lebih awal.
  3. Lakukan pencadangan secara berkala untuk menjaga keamanan data dan mengurangi penggunaan media penyimpanan serta mempermudah distribusi data.
  4. Gunakan UPS dan Stavolt untuk mengantisipasi jika sumber listrik tiba-tiba padam. Dengan demikian masih ada waktu untuk menyimpan dan mematikan komputer secara tepat.

Pasang sistem operasi yang benar-benar berguna saja agar tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Undefined array key "src" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "dependencies" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "version" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87