Anomali Lintas Cakrawala Group

Menggunakan Penyedia Layanan Hosting untuk Mengurus Server Website

Layanan Hosting - PT Anomali Lintas CakrawalaServer bekerja dengan cara menjalankan perintah atau instruksi dari client sesuai tugas dan fungsinya sendiri. Dalam mengurus server ini suatu pihak bisa melakukannya sendiri atau menggunakan bantuan dari layanan hosting. Akan tetapi lebih baik jika mempercayakan pekerjaan tersebut kepada pihak yang profesional.

Mengurus Server Sendiri

Jika ingin mengurus server dari website sendiri maka harus memahami segala hal yang terkait. Berbagai peran seperti pemilik bisnis, admin website, dan system administrator harus mampu dilaksanakan dengan baik. Akan tetapi mengurus server tanpa bantuan penyedia layanan hosting bisa menimbulkan kerugian.

  1. Biaya murah hanya di awal saja

Saat memulai mengurus server tentu akan terasa murah. Namun akan ada biaya lain-lain di kemudian hari misalnya jika ada penanganan tertentu. Seperti halnya ketika membangun rumah yang akan ada biaya renovasi di masa depan.

  1. Perlu melakukan banyak konfigurasi

Ada banyak pekerjaan jika ingin mengurus server sendiri. Mulai dari menetapkan alamat IP, mengatur domain, menginstal web server, dan lain sebagainya yang bisa memakan waktu yang lama. Selain itu juga harus memastikan website aman dan sudah update.

  1. Terdapat resiko dalam mengatur root access yang tinggi

Akan terdapat ijin masuk ke full root access yang memungkinkan kustomisasi yang tidak ada pada layanan managed server. Akan tetapi jika salah memasukkan satu command saja akan membuat server down. Jasa layanan hosting juga tidak bisa berbuat apa-apa karena pengelolaan server oleh pribadi.

Baca Juga : Berbagai Macam Server yang Berperan Penting dalam Sistem Komputer

  1. Harus rajin backup data

Jika mengurus server sendiri maka harus rutin backup data baik data website maupun server agar tidak hilang. Namun karena prosesnya manual maka tidak akan ada notifikasi sebagai pengingat backup. Jika tidak rutin melakukan backup data maka akan hilang.

  1. Harus siap memberi perlindungan

Gangguan keamanan berupa kode berbahaya yang masuk ke jaringan maupun serangan peretas bisa muncul kapan saja. Karena dua sebab tersebut website bisa langsung lumpuh. Terlebih lagi jika memilih CMS yang belum terjamin keamanannya.

Memilih Penyedia Layanan Hosting

Ada banyak pihak yang menawarkan pengurusan hosting. Maka perlu berbagai pertimbangan agar mendapatkan penyedia jasa yang benar-benar terpercaya. Cara memilihnya adalah sebagai berikut.

  1. Memperhatikan kualitas performa server

Jika performa server berkualitas maka akses website lebih mudah dan terhindar dari berbagai masalah teknis. Sebagai acuan bisa melihat lokasi yang sama dan spesifikasi lain seperti teknologi sever, kecepatan prosesor, kapasitas RAM, dan lain-lain.

  1. Pelayanan untuk pelanggan yang maksimal

Akan sangat baik jika penyedia jasa hosting memiliki customer support yang ramah dan tersedia selama 24 jam. Sehingga jika ada permasalahan yang muncul bisa diatasi sewaktu-waktu. Selain itu cara berkomunikasi sebaiknya ada banyak seperti email, telepon, atau live chat.

  1. Harga yang terjangkau

Harga biasanya berdasarkan paket yang ada. Untuk mendapatkan harga terbaik bisa dengan membandingkan beberapa layanan hosting yang sesuai kriteria. Sebaiknya tanyakan dengan rinci apa saja di dalam paket tersebut agar tidak ada kerancuan di kemudian hari.

  1. Menawarkan jaminan uang kembali

Memberikan jaminan uang kembali dapat mencerminkan penyedia jasa mengutamakan kepuasan pelanggan. Pelangganpun akan merasa lebih aman jika terdapat jaminan tersebut jika hasil tidak memuaskan. Setiap penyedia jasa tentu memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda dalam klaim garansi.

  1. Adanya fitur tambahan

Biasanya penyedia jasa hosting memberikan penawaran berbagai fitur tambahan. Karena banyaknya fitur bisa saja membuat klien tidak fokus atau bingung dalam memahaminya. Tapi yang paling utama adalah memperhatikan fitur untuk menjaga keamanan dan proteksi untuk website.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *