Anomali Lintas Cakrawala Group

2 Manfaat Integrasi Sistem Informasi untuk Perusahaan

Sistem Integrasi - PT Anomali Lintas CakrawalaSistem Integrasi Informasi – Pada era digital dan internet ini merubah wajah dunia dengan cepat. Saat semuanya serba terkoneksi serta terintegrasi dengan sempurna di dalam sistem informasi, semuanya yang terkait dengan pekerjaan ataupun bisnis menjadi lebih mudah untuk diakses. Itu bahkan tak ada perbedaan waktu dan tempat.

Itulah sebab mengapa penggunaan sistem informasi yang meningkat dengan drastis pada semua bidang bisnis. Segalanya untuk menjaga keunggulan dari perusahaan supaya tetap dapat berkompetisi secara baik dengan para pesaing. Sulit untuk dibayangkan jika bisnis tidak ada sistem efektif dan juga terintegrasi.

Merupakan hal yang menarik untuk dicari tahu bagaimana perusahaan tekankan pentingnya sistem integrasi informasi serta berbagai macam manfaatnya. Nah, berikut akan membahas mengenai hal-hal tersebut.

2 Manfaat atau Keuntungan dari Sistem Integrasi Informasi

Menjalankan operasional dari perusahaan secara efektif serta efisien menjadi tujuan dari sistem yang terintegrasi. Seiring dengan perusahaan berkembang, jumlah data disimpan akan semakin banyak, baik yang mempunyai kaitan dengan proses bisnis, pekerja, ataupun klien. Sekalipun setiap subsistem dengan independen dapat berfungsi, namun jika tak ada bergerak di dalam sistem sama akan membuat terhambatnya kinerja atau performa. Potensi perusahaan untuk raih keuntungan pun jadi lebih terganggu.

Maka dari itu, mempunyai sistem informasi terintegrasi secara baik dan penuh akan sangat membantu bagi perusahaan di dalam menikmati manfaat-manfaat sebagai berikut:

  1. Kolaborasi Divisi yang Meningkat

Keuntungan paling besar dari sistem integrasi salah satunya adalah meningkatkan kolaborasi antar divisi. Setiap divisi tak lagi bekerja secara terpisah atau masing-masing atau lakukan pengulangan proses karena subsistem yang berbeda. Pekerja pun bisa menjadi lebih fokus ke proyek yang sedang dikerjakan dibandingkan harus mengurus berbagai hal administratif sama.

Bahkan pada tiap divisi dapat tekan risiko lakukan kesalahan. Tanpa integrasi sistem, Anda serta rekan kerja pada divisi yang lain akan terapkan cara yang berbeda. Kesalahan yang kecil, misalnya salah dalam input data dapat menimbulkan dampak yang fatal apabila tak ditangani. Semakin panjang proses dari pengerjaan, maka semakin besar pula peluang kesalahan yang terjadi.

Integrasi sistem mampu untuk kurangi segala risiko itu. Anda jadi lebih produktif, begitu juga dengan divisi yang lain. Maka, kerja sama antar divisi dapat berlangsung secara baik dan mulus, dengan begitu proyek pun bisa selesai dengan lebih cepat.

Baca Juga : Mengenal Tentang Sistem Integrasi Perangkat Lunak

  1. Mempermudah Akses Data Dengan Real Time

Coba Anda bayangkan situasi seperti bagian penjualan memasukkan data paling akhir baru beberapa menit sebelum usai jam kerja. Bagian keuangan tentu tak bisa untuk segera memprosesnya karena harus untuk menunggu dari divisi penjualan yang kirim rekapitulasi melalui surel. Setelah menunggu, informasi yang diberikan belum pasti akurat. Apabila situasi itu terjadi berulang, apakah yakin jika perusahaan bisa untuk bertahan dengan menggunakan cara kerja yang seperti itu?

Memindah data pada satu sistem ke yang lain memerlukan waktu yang tidak sedikit, terlebih jika Anda diharuskan untuk pindahkan data yang besar jumlahnya. Lalu belum lagi, sistem yang berbeda yang mengharuskan data disesuaikan terlebih dulu sebelum selanjutnya dilakukan proses.

Integrasi sistem akan memungkinkan untuk Anda mendapatkan konektivitas data konstan. Para pekerja bisa untuk dapatkan informasi dengan akurat dan real-time. Data sama bisa untuk diakses dimana saja serta kapanpun. Anda juga tak perlu untuk khawatir dalam melakukan kesalahan secara berulang-ulang karena terjadi kesalahan dalam memindahkan ataupun memproses data-data yang sudah dimasukkan atau input divisi yang lain.

Nah, itulah 2 manfaat sistem integrasi informasi untuk perusahaan. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari menggunakan sistem informasi yang terintegrasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Undefined array key "src" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "dependencies" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87

Warning: Undefined array key "version" in /home/u1264370/public_html/wp-content/plugins/elementor/core/page-assets/loader.php on line 87