Anomali Lintas Cakrawala Group

Menjadikan Industri Kreatif Sebagai Penunjang Ekonomi

Industri Kreatif - PT Anomali Lintas CakrawalaIndustri Kreatif berkembang seiring dengan kemajuan global, kreativitas akan sangat diperlukan untuk sekedar mengikuti kemajuan zaman yang akan menunjang kemajuan ekonomi bagi masyarakat. Dengan semakin berkembangnya kreativitas suatu negara maka akan menunjukan bahwa negara tersebut mampu bersaing dengan negara lain di era kemajuan saat ini.

Dengan mengembangkan kreativitas seseorang atau sekelompok orang maka akan meningkatkan lapangan kerja dan akan semakin memperluas kesempatan masyarakat untuk bisa bersaing di pasar modern. Dengan begitu kegiatan industri kreatif akan mampu membawa perkembangan yang cukup baik khususnya pada bidang ekonomi.

Apa yang dimaksud dengan industri kreatif?

Industri kreatif sendiri adalah proses kegiatan menciptakan, atau kreativitas seseorang atau sekelompok orang yang mana nantinya akan menghasilkan suatu karya atau kegiatan yang bersifat produktif. Industri kreatif akan menghasilkan kesempatan bekerja bagi masyarakat luas yang mana setiap kegiatan kerjanya tidak mengeksploitasi sumber daya alam yang tersedia.

Mengingat semakin terkikisnya sumber daya alam yang tersedia di negri kita, alangkah baiknya jika industri kreatif terus didukung dan dikembangkan. Dengan semakin berkembangnya industri kreatif maka akan semakin banyak pula masyarakat yang akan bekerja dengan menggunakan ide kreatif tanpa harus mengeksploitasi sumber daya alam yang semakin habis.

Apa manfaat dari industri kreatif?

Di era yang serba modern ini sangat banyak tentunya industri yang mulai tumbuh dan berkembang. Berdirinya industri tersebut, selain untuk membantu perluasan lapangan kerja bagi masyarakat tentu juga menjadi penopang penghasilan bagi negara. Dan yang terpenting adalah, tidak mungkin dengan jumlah industri yang sebanyak ini akan memanfaatkan dan bergantung pada alam seutuhnya.

Dengan begitu industri kreatif hadir dengan memanfaatkan dan mengeksploitasi ide pikiran kreatif dan inovatif, sehingga tanpa harus menghabiskan sumber daya alam yang tersedia industri ini dapat membantu perluasan kesempatan bekerja bagi masyarakat dan mampu membantu menopang pendapatan negara,

Selain itu industri kreatif ini juga dapat membantu membangkitkan pemikiran serta jiwa kreativitas untuk menciptakan sesuatu, dengan mampu menciptakan pikiran kreatif dan inovatif maka akan menghasilkan banyak hal baru yang dapat diperoleh dan dapat dikembangkan.

Apa saja jenis-jenis industri kreatif?

Industri kreatif yang berkembang di masyarakat dan dengan berbekal ide kreatif. Jenis industri kreatif yang mampu menghasilkan banyak peluang adalah beberapa kegiatan atau pekerjaan kreativitas yang kerap dikenal dengan nama seni-senian dan sebagai orang yang memiliki akal dan ide kreatif di balik penciptaannya dipanggil dengan nama seniman.

Baca Juga : 4 Skills yang Harus Dimiliki Saat ini Pada Era Digitalisasi

Jenis-jenis industri kreatif yang berkembang dan maju pada kalangan masyarakat diantaranya adalah riset dan pengembangan, penerbitan dan percetakan, musik, film/ fotografi/ videografi, desain, fashion, seni pertunjukan, arsitek,pasar seni dan budaya, periklanan, web desain, kerajinan, arsitektur, dan permainan interaktif.

Dari berbagai jenis industri kreatif tersebut, seseorang atau sekelompok orang yang menciptakannya tidak harus bergantung pada sumber daya alam yang tersedia. Industri kreatif hanya perlu bergantung pada sumber daya manusia dengan ide yang kreatif, inovatif dan menginspirasi saja.

Beberapa contoh industri kreatif

Youtuber atau selebgram yang bergerak dengan menciptakan konten kreatif yang mana dapat menjadi konten hiburan maupun konten edukasi. Dengan ide kreatif yang terus dilakukan, maka industri kreatif ini akan tetap berjalan dengan lancar.

Desainer, penari, fotografer, dan pemusik. Seluruh pekerjaan itu adalah pekerjaan yang bergerak di industri kreatif. Dengan mengandalkan kreativitas dan mengandalkan ide yang ada dikepala industri tersebut akan terus berjalan dan akan memenuhi kebutuhan pasar industrinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *